Selamat Datang - Horas - Njuah-njuah | Members area : Register | Sign in

Indikator keberhasilan pelajar dalam bidang pendidikan

Kamis, 21 Juni 2012

Share this history on :
Setelah menetapkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi pelajar dan melakukan apa yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan faktor-faktor tersebut, penting juga untuk mencari tanda-tanda kemajuan. Mengetahui apa saja indikator yang menunjukkan kemajuan dan keberhasilan pelajar dalam bidang pendidikan adalah cara penting untuk menandakan kemajuan sebuah daerah bahkan sebuah negara.

Standar Prestasi

Dua indikator keberhasilan pelajar secara langsung terkait dengan standar nilai ujian. Melalui ujian ini, akan dapat diketahui seberapa baik peningkatan keberhasilan pelajar dari tahun ke tahun secara keseluruhan. Seperti di Indonesia hal ini dilakukan melalui program Ujian Nasional bagi pelajar SD hingga SMA. Melalui ujian nasional ini akan diketahui seberapa banyak pelajar yang dapat menyelesaikan soal dan menjawab pertanyaan yang diberikan dan jumlah nilai yang diperoleh. Melalui ujian nasional juga akan diketahui berapa jumlah pelajar yang berhasil lulus setiap tahunnya, apakah mengalami peningkatan atau penurunan.

Tingkat Kehadiran

Tingkat kehadiran pelajar di sekolah juga menunjukkan indikator keberhasilan. Artinya setiap sekolah harus mengawasi kehadiran pelajar, mengurangi pelajar yang bolos dan mempersiapkan motivator untuk memotivasi pelajar agar rajin datang ke sekolah. Sebuah sekolah yang berkinerja baik harus menjaga kehadiran siswanya di atas 90% agar dapat dikatakan berhasil.

Kelulusan dan Putus Sekolah

Hal ini adalah dua indikator utama keberhasilan pelajar. Sejak sekolah dirancang dan memiliki tujuan untuk mempersiapkan orang-orang agar siap dan mampu berinteraksi di dunia nyata, salah satu indikator keberhasilan pelajar adalah kemampuan mereka menyelesaikan program pendidikan sekolah.  Sekolah harus mampu meningkatkan jumlah pelajar yang lulus dan menurunkan jumlah pelajar yang tidak lulus dan juga putus sekolah.

Keahlian dan Keterampilan

Selain berhasil lulus atau menamatkan sekolah, keahlian dan keterampilan yang diperoleh oleh para pelajar selama mengikuti pendidikan dapat menjadi indikator yang menunjukkan keberhasilan. Mereka harus dapat mengaplikasikan dan mempraktekkan apa yang mereka pelajari selama duduk di bangku sekolah yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan mereka.

Hubungan yang baik antara Sekolah dan Masyarakat

Hubungan atau komunikasi yang baik antara sekolah dan masyarakat yang ada di sekitar sekolah tersebut dapat menjadi indikator penting keberhasilan. Sekolah yang melibatkan peran masyarakat untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan, dan mendorong para pelajar membantu dan berperan aktif dalam kegiatan positif masyarakat yang ada di lingkungan mereka dapat membantu meningkatkan kualitas pelajar pada sekolah tersebut.
Terima Kasih telah berkunjung, jika memiliki pertanyaan, saran, kritik dan ingin mengirimkan tulisan...hubungi kami melalui : email anda@gmail.com.
Selamat membaca.....:)